Soal
A. Pilihan
Ganda
1. Segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat
dalam mencapai maksud atau tujuan
yaitu .............
a. Sarana
b. Prasarana
c. Sarana
dan prasarana
d. Administrasi
sarana dan prasarana
e. Perencanaan
2. Segala sesuatu yang
merupakan penunjang suatu proses (usaha, pembangunan, proyek)
yaitu ............
a.
Sarana
b.
Prasarana
c.
Sarana dan prasarana
d.
Administrasi sarana dan prasarana
e.
Perencanaan
3. Pengadaan, penyimpanan, pemeliharaan, inventarisasi dan laporan sarana dan
prasarana merupakan cara mengelolah ................
a.
Sarana
b.
Prasarana
c.
Sarana dan prasarana
d.
Administrasi sarana dan prasarana
e.
Perencanaan
4. Semua kegiatan penyediaan sarana dan prasarana untuk menunjang pelaksanaan
tugas ..........
a.
Pengadaan
b.
Penyimpanan
c.
Pemeliharaan
d.
Inventaris
e. Laporan sarana dan prasarana
5. Kegiatan yang dilakukan oleh satuan kerja atau petugas gudang untuk
menampung hasil pengadaan barang atau bahan kantor, baik berasal dari
pembelian, instansi lain, atau yang diperoleh dari bantuan yaitu ..........
a.
Pengadaan
b.
Penyimpanan
c.
Pemeliharaan
d.
Inventaris
e. Laporan sarana dan prasarana
6. Kegiatan terus-menerus untuk mengusahakan agar barang/bahan kantor tetap
dalam keadaan baik atau siap untuk dipakai yaitu ............
a.
Pengadaan
b.
Penyimpanan
c.
Pemeliharaan
d.
Inventaris
e. Laporan sarana dan prasarana
7. Semua kegiatan dan usaha untuk memperoleh data yang diperlukan mengenai
sarana dan prasarana yang dimiliki yaitu .............
a.
Pengadaan
b.
Penyimpanan
c.
Pemeliharaan
d.
Inventaris
e. Laporan sarana dan prasarana
8. Segala komponen yang
membantu efektifitas dan kinerja seseorang karena efektif dan efisien agar
sesuai dengan yang diinginkan/tujuan orang tersebut yaitu ................
a.
Pengadaan
b.
Penyimpanan
c.
Pemeliharaan
d.
Inventaris
e. Sarana dan prasarana
- Perhatikan pernyataan di bawah :
·
Untuk mendapatkan kebutuhan sarana dan prasarana
·
Untuk dapat mengunakan segala sarpras
·
Untuk meningkatkan kinerja seseorang
Penyataan di atas merupakan tujuan dari
............
a. Administrasi sarana dan
prasarana
b. Perencanaan
c. Pengadaan
d. Pemeliharaan
e. Inventaris
10. Semua
perangkat peralatan, bahan, dan perabot yang secara langsung digunakan dalam
proses pendidikan di sekolah sarana berarti alat langsung untuk mencapai tujuan
pendidikan yaitu ...............
a. Sarana kantor
b. Prasarana kantor
c. Sarana dan
prasarana kantor
d. Prasarana
pendidikan
e. Sarana
pendidikan
11. PP No. 19 Tahun 2005 Pasal 42 mengatur tentang
............
a. Standar
nasional pendidikan
b. Standar
nasional kantor
c. Standar
nasional Indonesia
d. Standar
nasional Arab
e. Standar
nasional KAA
12. Lahan,
ruang dan perabot merupakan komponen dari ............
a. Sarana
b. Prasarana
c. Sarana
dan prasarana
d. Administrasi
sarana dan prasarana
e. Perencanaan
13. Semua
jenis mebel yang di gunakan untuk proses kegiatan belajar mengajar adalah ...................
a. Prabot
pendidikan
b. Prabot
rumah tangga
c. Prabot
kantor
d. Prabot
rumah susun
e. Prabot
hotel
14. Perabot yang
di gunakan untuk mendukung kegiatan kantor adalah ...............
a. Prabot
pendidikan
b. Prabot
Adminstrasi
c. Prabot
kantor
d. Prabot
rumah susun
e. Prabot
hotel
15. Alat atau bahan yang digunakan untuk membantu pelaksanaan pekerjaan kantor,
sehingga menghasilkan suatu pekerjaan yang diharapkan selesei lebih cepat,
lebih tepat dan lebih baik adalah ...............
a. Office
supplies
b. Office
demind
c. Demind
school
d. Supplies
school
e. Supply
demind
16.
Kertas HVS, kertas folio bergaris, kertas karbon, kertas stensil, formulir,
kertas berkop, plastik transparan, kertas karton, kertas buffalo, amplop dan
map adalah peralatan/perlengkapan kantor berbentuk ...............
a.
Lembaran
b.
Non lembaran
c.
Buku
d.
Penggunanya
e.
Sokap
17. Barang
habis pakai dan barang tidak habis pakai
merupakan peralatan/perlengkapan kantor dilihat
dari .........................
a.
Lembaran
b.
Non lembaran
c.
Buku
d.
Penggunanya
e.
Sokap
18. Perhatikan
uraian di bawah ini :
i)
Agar barang tidak cepat rusak.
ii) Agar tidak
terjadi kehilangan barang.
iii) Agar tersususn rapi
sehingga mudah ditemukan apabila barang tersebut dicari.
iv) Memudahkan dalam
pengawasan.
v) Memudahkan
dalam analisis barang.
Merupakan tujuan dari
..............
a. Pengadaan
b. Penyimpanan
c. Pemeliharaan
d. Inventarisasi
e. Perencanaan
19. Perhatikan
uraian di bawah ini :
a) Agar barang
tidak mudah rusak karena hama atau suhu/cuaca.
b) Agar barang
tidak mudah hilang.
c) Agar barang
tidak kadaluarsa.
d) Agar barang tidak
mudah susut.
e) Agar sarana dan
prasarana selalu dalam keadaan bersih
Merupakan tujuan dari
..............
a. Pengadaan
b. Penyimpanan
c. Pemeliharaan
d. Inventarisasi
e. Perencanaan
20. Perhatikan
uraian di bawah ini :
i. Agar peralatan tidak
mudah hilang.
ii. Adanya bukti secara
tertulis terhadap kegiatan pengelolaan barang sehingga dapat dipertanggung
jawabkan.
iii. Memudahkan dalam pegecekan
barang.
iv. Memudahkan dalam pengawasan.
v. Memudahkan ketika mengadakan
kegiatan mutasi/penghapusan barang
Merupakan tujuan dari
..............
a. Pengadaan
b. Penyimpanan
c. Pemeliharaan
d. Inventarisasi
e. Perencanaan
B. Essay
1. Sebutkan hal-hal yang perlu
diperhatikan dalam menyusun perencanaan sarana dan prasarana kantor ?
2. Sebutkan tujuan penyimpanan
barang/bahan kantor ?
3. Sebutkan cara penyimpanan barang/bahan kantor
?
4. Sebutkan Langkah-langkah Administrasi Sarana
Dan Prasarana ?
5. Sebutkan isi PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar
Nasional Pendidikan, Pasal 42 ?
6. Sebutkan dan
jelaskan kriteria jenis lahan dari mendirikan sekolah ?
7. Sebutkan 5 ruang
penunjang dari sekolah ?
8. Sebutkan 5
peralatan kantor yang berbentuk non lembar ?
9. Sebutkan dan
jelaskan peralatan kantor yang berbentuk buku ?
10. Mengapa
administrasi sarana dan prasarana sangat diperlukan ?
kak gak ada kunci jawaban kah ???
BalasHapus